Mengenal GeoGebra Classic


GeoGebra sebagaimana diketahui saat ini dapat dijalankan melalui beragam platform. Diawal pengenalan dan pengembangan geogebra, saya mengenal geogebra pada pelatihan yang diselenggarakan oleh PPPPTK Matematika (biasa dikenal dengan P4TK Matematika) Yogyakarta tahun 2010. Waktu itu, geogebra dikenalkan sebagai software matematika gratis yang dijalankan melalui sistem operasi windows. Dalam perkembangan-nya, geogebra telah mengalami banyak perubahan khususnya saat ini sudah dapat digunakan  pada beragam platform.

Diawal perkembangan, geogebra hanya digunakan untuk geometri dua dimensi dan aljabar. Namun saat ini, geogebra sudah dapat digunakan untuk geometri tiga dimensi ditambah dengan kemampuan-kemampuan lainnya. Geogebra yang saat ini digunakan pada platform windows dikenal dengan istilah geogebra classic. Awalnya dikenalkan dengan istilah geogebra 5, kemudian geogebra 6 dan pada saat tulisan ini dibuat dikenal dengan istilah geogebra classic.

Dikenalkan dengan nama geogebra classic, dimungkinkan karena tools-tools yang ditampilkan hampir sama dengan diawal kemunculan geogebra. Bagi yang sudah belajar geogebra dari awal, maka tampilan geogebra classic tidak menjadikan kesulitan dalam penggunaanya.

Berbeda dengan geogebra pada platform android, geogebra ditampilkan secara terpisah antara aljabar, geometri, CAS, maupun 3D graphics-nya. Jadi saran saya, gunakan geogebra versi yang paling baru baik pada komputer, laptop maupun androidnya. Untuk beragam tutorial bisa disimak di blog belajar geogebra pada link: https://googebra.blogspot.com/
Selamat mencoba

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama