Mengenal dan Cara Menggunakan Tool Vector di GeoGebra

Di Matematika dikenal dua besaran, yaitu besaan skalar dan besaran vektor. Vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah berbeda dengan besaran skalar yang hanya memiliki nilai. Vektor diilustrasikan dalam bentuk anak panah dengan pangkal anak panah menunjukkan titik awal vektor dan ujung anak panah menunjukkan titik ujung vektor.


Dengan menggunakan GeoGebra secara mudah kita dapat mengilustrasikan/menggambarkan tentang vektor ini. Ada beberapa cara dapat digunakan untuk membuat vektor di GeoGebra. Pada tulisan ini dipaparkan penggunaan tool vector untuk membuat ilustrasi vektor.


Tool vector terintegrasi dalam tool line, dan ada dua jenis tool vector: 1) Vector dan 2)Vector from Point.


1) Vector

Tool ini digunakan untuk membuat/menggambar vektor dengan menggunakan dua titik, titik awal vektor dan titik ujung vektor. Cara menggunakan tool Vector:

  1. Buat dua titik berbeda, misal titik A dan titik B
  2. Pilih tool vector, kemudian klik titik awal (misal titik A) dan titik ujung (misal titik B) secara otomatis terbentuk sebuah vektor

 

2) Vector from Point

Tool ini digunakan untuk membuat/menggambar vektor dengan menggunakan sebuah titik dan vektor yang lainnya. Jadi, ada dua syarat untuk menggunakan tool ini yaitu vektor dan sebuah titik lainnya. Vektor lainnya ini dijadikan sebagai vektor acuan vektor yang baru. Cara menggunakan tool Vector from Point:

  1. Pastikan sudah ada vektor yang akan dijadikan acuan
  2. Buat sebuah titik baru, selanjutnya pilih tool Vector from Point, kemudian klik titik yang baru dibuat dan vektor yang dijadikan acuan maka secara otomatis terbentuk sebuah vektor baru.


Lebih lanjut dapat membaca tutorial dalam bentuk GeoGebra Book: https://www.geogebra.org/m/muzqqggw  atau masuk ke GeoGebra Classroom berikut: https://www.geogebra.org/classroom/hawqpqky


Sebagai ilustrasi silahkan simak pada tayangan GeoGebra berikut ini:


Selamat mencoba


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama