Cara Menentukan dan Membuat Tinggi Segitiga Menggunakan GeoGebra

Untuk menentukan tinggi dari sebuah segitiga, kita dapat memanfaatkan tool Perpendiculer Line. Berikut caranya:

  • Buat segitiga dengan menggunakan tool Polygon atau disesuaikan dengan keperluan segitiga yang dibuat
  • Gunakan tool Perpendiculer Line, kemudian klik sebuah sisi segitiga dan titik sudut yang berada di depan sisi segitiga tersebut
  • Buat titik potong garis tersebut dengan alas segitiga menggunakan tool Intersect
  • Sembunyikan garis yang telah dibuat sebelumnya
  • Buat ruas garis sebagai tinggi segitiga menggunakan tool Segment
  • Tinggi segitiga telah terbentuk

Berikut contohnya

Ilustrasi

Kita simak penjelasan singkat tentang tinggi segitiga berikut ini. Tinggi segitiga merupakan panjang ruas garis yang diperoleh dari sebuah titik sudut dan tegak lurus terhadap sisi di depan sudut tersebut. Jadi penempatan tinggi segitiga dapat berbeda tergantung dari sisi atau sudut mana dilihatnya. Secara umum tinggi segitiga dibuat dengan acuan sisi alas dan titik puncak segitiga, namun hal ini sulit berlaku ketika segitiga tidak dibuat secara umum dengan alas yang horisontal.


Jadi penentuan letak tinggi dari sebuah segitiga sebenarnya bebas dalam peletaknya, jika dikaitkan dengan alas maka penentuan tinggi segitiga dapat ditentukan dengan acuan alas yang diketahui. Hal ini biasanya berhubungan dengan luas segitiga.


Namun ketika, penggunaan segitiga sudah tidak terfokus pada hanya luas segitiga, maka penentuan tinggi segitiga dapat disesuaikan dengan keperluan perhitungan atau kebermanfaatannya. Yang terpenting adalah penerapan konsep tinggi segitiganya.


Sebagai ilustrasi simak segitiga berikut yang dapat dirubah geser sebagaimana keperluannya, dan disediakan toolbar sebagai latihan atau sekedar petunjuk cara membuatnya.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama