Menyisipkan Teks di GeoGebra

Secara umum teks merupakan hal yang penting. Dengan menggunakan teks kita dapat memberikan keterangan pada sebuah objek sehingga objek tersebut dapat terdeskripsi sesuai dengan isi dari teks tersebut. Materi yang dibuat menggunakan GeoGebra juga diperlukan teks, agar materi yang dibuat tersebut dapat jelas maksudnya.

Teks yang akan kita kenal kali ini adalah teks yang berada di dalam aplikasi GeoGebra tersebut, sehingga materi yang dibuat menggunakan GeoGebra dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Untuk selanjutnya materi yang dibuat menggunakan  GeoGebra kita sebut dengan nama Applet.

Untuk menyisipkan teks ke dalam applet, digunakan tool text seperti berikut:

Teks di dalam aplet dapat digunakan untuk memberikan petunjuk atau perintah apa yang harus dilakukan oleh pengguna applet. Teks juga dapat digunakan untuk menjelaskan konsep atau kondisi dari suatu objek yang disajikan di dalam applet. Selain itu, teks juga dapat digunakan untuk memberikan semacam penguatan terhadap aktifitas yang dilakukan oleh pengguna applet. Itulah beberapa kegunaan dari teks dalam sebuah applet, selain kegunaan atau fungsi lainnya sesuai dengan keperluan dari pembuat aplet.

Teks yang dibuat dalam applet dapat dilakukan modifikasi agar tampilannya dapat menarik. Berikut tekhnik dasar dalam melakukan modifikasi teks dalam GeoGebra:

  • Penulisan Teks Biasa
    Ini merupakan keterampilan dasar yang cukup mudah, ketika Anda sudah bisa mengetik di pengolah kata maka hal ini bukanlah hal yang sulit, karena menu pengetikannya lebih sederhana. Misalnya menebalkan tulisan, memiringkan tulisan dan atau mengganti jenis hurufnya. Untuk melihat tampilan/previuw dapat dilihat pada menu Advanced


  • Penulisan Rumus Matematika
    Klik tab LaTex formula untuk menulis rumus-rumus atau bentuk matematika misal akar, pangkat, pecahan dan sebagainya. Gunakan bentuk yang sudah disediakan atau gunakan kode latex untuk penulisan rumus atau bentuk yang diinginkan. Jika penulisan digabungkan dengan teks biasa maka penulisan rumus diawali dengan kode $ dan diakhiri dengan kode yang sama.


  • Penulisan Teks Dinamis
    Teks dinamis merupakan teks yang berhubungan dengan objek lain, semisal slider, bilangan random, atau objek lain yang dibuat dan ingin ditampilkan dalam sebuah teks. Misalnya teks yang akan dibuat berhubungan dengan sebuah obyek yang didefiniskan sebagai f dan g maka penulisan dapat dilakukan dengan menyisipkan objek tersebut dari menu Advanced dengan memilih dan klik objek yang akan disisipkan pada teks tersebut.


Demikian sekilas tentang cara menyisipkan teks kedalam applet, untuk tulisan berikutnya akan dibahas lebih detail dengan beberapa tekhnik dan script sederhana.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama