Mengenal "Set Condition to Show Object" Sebagai Dasar Membuat Applet di GeoGebra

Untuk membuat sebuah applet atau media interaktif di GeoGebra kita perlu mempelajari beberapa tekhnik dasar yang diperlukan. Beberapa tekhnik dasar telah dituliskan, oleh karenanya jika belum membaca atau ingin membaca lebih lanjut silahkan klik link berikut sebagai dasar-dasar pembuatan applet:

Teknik dasar selanjutnya yang akan dipelajari adalah membuat sebuah obyek tampil jika memenuhi sebuah kondisi tertentu dan tidak tampil jika kondisi tersebut tidak terpenuhi atau dalam istilah di GeoGebra "Set Condition to Show Object" . Dalam hal ini kita dapat menggunakan script dengan format script:
SetConditionToShowObject( <Object>, <Condition> )


Namun demikian, pada tulisan kali ini tidak dibahas terkait penggunaan script tersebut. Dalam pembahasan tulisan ini, kita akan memanfaatkan fasilitas yang sudah ada di GeoGebra sehingga lebih memudahkan pembuatannya.

Karena obyek yang akan ditampilkan memerlukan sebuah kondisi tertentu, berarti obyek tersebut akan berhubungan dengan obyek lainnya. Oleh karenanya maka kita akan menyiapkan dua obyek untuk mempraktikkannya.

Dalam praktik ini kita akan membuat sebuah slider dengan nilia 0 dan 1 sebagai penyebab tampilnya obyek lain. Dalam hal ini obyek lain tersebut kita praktikkan adalah sebuah lingkaran.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi GeoGebra (dalam praktik ini digunakan versi online di: https://www.geogebra.org/classic
  2. Buat slider dengan nilai 0 dan 1 (buat dengan increment 1 dan akan terdefinisi sebagai a)
  3. Buat lingkaran (Baca Cara Menggambar Lingkaran Menggunakan GeoGebra)
  4. Klik kanan pada lingkaran yang telah dibuat, kemudian pilih setting


  5. Masuk pada bagian Avanced dan isikan a==1 pada Condition to Show Object


  6. Uji coba dengan menggeser slider, ketika slider bernilai 1 (satu) maka lingkaran akan tampil diluar kondisi tersebut lingkaran tidak akan tampil.


Vidio Tutorial dapat disimak berikut ini:



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama