Cara Menentukan Gradien pada Persamaan Garis Menggunakan GeoGebra

Gradien secara sederhana dapat diartikan sebagai nilai kemiringan sebuah garis. Nilai kemiringan dapat berupa sudut dan juga nilai tangen dari sudut tersebut. Secara umum yang dikatakan gradien dalam matematika adalah nilai tangen dari sudut yang dibentuk oleh garis yang akan dicari nilai kemiringannya  dengan garis horizontalnya.


Gradien biasanya dilambangkan dengan huruf m. Untuk menentukan gradien dari sebuah garis kita dapat menggunakan GeoGebra sebagai alat bantunya. Penggunaan GeoGebra untuk menentukan gradien sebuah garis sebaiknya digunakan untuk pengembangan lebih lanjut (pengayaan) agar penggunaannya bukan sekedar menggunakan namun harus memahami makna dari konsep gradien itu sendiri.

Tool SLOPE untuk menentukan Gradien



Untuk menentukan gradien dari sebuah garis digunakan tool SLOPE. Berikut cara menggunakan tool slope:
  • Buat sebuah garis dengan menggunakan tool LINE, atau mengetik langsung persamaan garisnya pada menu input langsung
  • Pilih tool SLOPE dan klik pada garis yang telah dibuat maka, nilai gradien akan muncul


Nilai dari gradien akan tampil dalam bentuk bilangan desimal, untuk mengetahui nilai gradien dalam bentuk pecahan dapat digunakan fitur CAS (Computer Algebra System) yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Klik menu View dan aktifkan CAS.
  • Pada jendela CAS ketikkan gradien yang telah diperoleh pada langkah sebelumnya, misal terdefinisi sebagai m, maka cukup ketikkan m pada jendela CAS, sehingga nilai m yang tadinya adalah bilangan desimal maka akan tampil dalam bentuk pecahan.


Contoh tampilannya:

Gradien pada menu CAS dan Grafiknya

Berikut adalah vidio tutorialnya:


Selamat mencoba semoga berhasil dan sukses untuk kita semua!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama