Cara Menyelesaikan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Menggunakan GeoGebra

Persamaan dan Pertidaksamaan dapat digambarkan sebagai proses menimbang/membandingkan dua objek. Jika dua obyek seimbang maka disebut sama, namun jika dua obyek tidak seimbang maka disebut tidak sama. Ketidaksamaan tersebut bisa saja dikatakan lebih dari atau kurang dari. Ada juga yang menyebutnya dengan lebih besar atau lebih kecil.


Dalam matematika persamaan ditandai dengan tanda sama dengan (=), untuk pertidaksamaan ditandai dengan tanda pertidaksamaan. Tanda pertidaksamaan dalam matematika secara umum dikenal beberapa, antara lain:

> disebut tanda lebih dari

< disebut tanda kurang dari

≥ disebut tanda lebih dari atau sama dengan

≤ disebut tanda kurang dari atau sama dengan


Pertidaksamaan Linear Satu Variabel merupakan kalimat matematika terbuka yang memuat salah satu tanda pertidaksamaan dan hanya memiliki satu variabel. Umumnya yang digunakan variabelnya adalah x, namun varibel bisa saja bukan huruf x.

Berikut adalah contoh dari sebuah pertidaksamaan linear satu variabel:

2x < 8 


Untuk menyelesaikannya, maka ruas sebelah kiri dibagi 2 demikian juga ruas sebelah kanan dibagi 2, sehingga penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut adalah:

x < 4 


Selanjutnya, bagaimana kita menggunakan GeoGebra untuk menyelesaikan sebuah pertidaksamaan linear satu variabel? Dalam praktik kali ini, kita menggunakan GeoGebra secara online dengan alamat: https://www.geogebra.org/cas (dalam hal ini, menggunakan browser crhome di laptop/dekstop), untuk versi android dapat menggunakan aplikasi GeoGebra CAS Calculator atau bagi yang menggunakan GeoGebra offline bisa diaktifkan menu CAS -nya.


Untuk menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel, kita gunakan perintah "Solutions" dengan format:

Solutions( <Equation> )


Perintah tersebut diketikkan pada menu input, sebagai contoh untk menyelesaikan 2x < 8, ketikkan pada menu input Solutions(2x<8) kemudian enter, maka jawaban akan muncul secara langsung.


Cara ini dapat digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban yang telah dicari secara manual, apakah sudah tepat atau belum. Cara manual yang dipelajari disekolah masih sangat penting sebagai bentuk latihan menyelesaikan masalah dan membentuk keterampilan berpikir matematika.


Berikut dapat dipraktikkan beberapa contoh lainnya berikut:


Contoh Lainnya

Konfirmasilah penyelesaian manual dari pertidaksamaan linear berikut menggunakan GeoGebra:
  1. 3x > 12
  2. 4x + 3 < 19
  3. 2x - 5 <  15 - 3x
  4. 10 - x ≥  4x - 5
Untuk menyelesaikannya cukup ketikkan pada menu input:
  1. Solutions(3x > 12)
  2. Solutions(4x + 3 < 19)
  3. Solutions(2x - 5 <  15 - 3x)
  4. Solutions(10 - x ≥  4x - 5)
Selain perintah Solutions, kita dapat juga menggunakan perintah Solve dengan mempraktikkan seperti penyelesaian persamaan linear satu variabel pada tulisan: https://www.geogebramu.com/2021/08/cara-menggunakan-geogebra-untuk.html

Hasilnya dapat dibandingkan dengan tangkapan layar berikut:

Penyelesain Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dengan GeoGebra


Selamat mencoba, semoga berhasil dan sukses untuk kita semua.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama