Mengenal GeoGebra Calculator Suite

Salah satu pengembangan dari GeoGebra, saat ini kita dapat menggunakan GeoGebra Calculator Suite. Secara prinsip tidak ada perbedaan antara GeoGebra Classic 6 dengan GeoGebra Calculator Suite.

Tampilan GeoGebra Calculator Suite lebih modern dan responsif. Dapat menyesuaikan dengan layar pengguna. Setelah menginstal atau menggunakan secara online (https://www.geogebra.org/calculator) kita dapat melihata bahwa tampilan awal GeoGebra Calculator Suite berbeda dengan GeoGebra Classic yang biasa kita gunakan.

Tampilan Umum GeoGebra Calculator Suite

Terlihat bahwa tools di GeoGebra Calculator Suite semua berada disebelah kiri aplikasi berjajar secara vertikal: Algebra, Tools, dan Table yang secara prinsip sama fungsinya dengan GeoGebra Classic yang biasa digunakan.

Pada menu di GeoGebra Calculator Suite terdapat tool table yang dapat digunakan untuk membuat tabel dari sebuah inputan di menu input aljabar.

Contoh:

Pada menu input aljabar diketikkan f(x)=x^2, maka secara otomatis akan terbentuk fungsi dan grafik fungsi-nya.


Pada sebelah kanan fungsi tersebut klik tanda titik tiga dan pilih Table of  values, maka akan muncul kotak dialog yang dapat kita isi nilai x dari fungsi tersebut dimulai dan diakhiri sesuai dengan keperluan kita, serta jarak titik yang dimaksud dapat ditentukan juga.


Setelah itu klik Ok jika sudah sesuai dengan keperluan, maka tabel yang merupakan pasangan antara x dan f(x) terbentuk serta akan tampil pada gambar koordinat titik dari tabel tersebut.


Dapat dilihat pada tangkapan layar berikut:

Screen Shoot Tabel dari Fungsi yang dibuat Menggunakan GeoGebra Calculator Suite

Demikian sekilas tentang GeoGebra Calculator Suite, silahkan mendownload dan isntal atau akses secara online.

Selamat Mencoba!!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama