Cara Menggambar Belah Ketupat Menggunakan GeoGebra

Belah ketupat adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah segitiga siku siku masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Belah_ketupat). 
Dapat juga dikatakan bahwa belah ketupat dibentuk oleh pencerminan segitiga sama kaki pada alas segitiganya.

Untuk menggambar langsung belah ketupat dapat digunakan tool Polygon, namun gambar yang dihasilkan merupakan gambar biasa.

Selain dengan menggunakan Polygon, dapat juga dengan menggunakan Rigid Polygon. Penggunaan Polygon dan Rigid Polygon memanfaatkan bantuan Grid Lines sebagai alat bantu memperkirakan ukuran dari belah ketupat yang dibuat.

Berbeda  ketika menggambar belah ketupat dengan cara konstruksi, maka kita menggunakan bantuan obyek lain sebagai jaminan bahwa belah ketupat yang dibuat sesuai dengan konsep belah ketupat.

Untuk mengkonstruksi belah ketupat digunakan tiga buah lingkaran yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Berikut ini cara menggambar belah ketupat dengan cara konstruksi di GeoGebra:
    1. Buka aplikasi GeoGebra (dapat secara online di: https://www.geogebra.org/classic).
    2. Buat sebuah lingkaran yang melalui dengan titik pusat A dan melalui B.
    3. Buat lingkaran lagi yang titik pusatnya B dan melalui titik A.
    4. Buat sebuah titik yang berada pada lingkaran kedua tersebut, misal titik C.
    5. Buat sebuah lingkaran dengan pusat titik C dan melalui titik B.
    6. Tentukan titik potong lingkaran pertama dan lingkaran ketiga.
    7. Hubungkan keempat titik yang ada dengan menggunakan polygon.
    8. Sembunyikan lingkaran dan beberapa hal yang dirasa kurang diperlukan.
    9. Konstruksi Belah ketupat telah selesai.

Berikut ini adalah gambaran dari konstruksi belah ketupat dengan menggunakan lingkaran:
Konstruksi Belah Ketupat Menggunakan Lingkaran


Hasil konstruksi Belah Ketupatnya sebagai berikut:


Selamat Mencoba!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama