Menggunakan GeoGebra untuk Memahami Konsep Matriks

Matriks adalah susunan bilangan berbentuk persegi atau persegi panjang yang diatur menurut baris dan kolom, serta ditempatkan dalam tanda kurung biasa atau kurung siku. Matriks diberi nama dengan menggunakan huruf kapital, seperti A, B, dan C.

Bilangan-bilangan yang menyusun matriks merupakan representasi dari bilangan yang tersusun dalam sebuah tabel.

Dengan menggunakan GeoGebra kita dapat mengkonversi bilangan dari tabel menjadi matriks secara langsung. Dengan kemampuan semacam ini, kita dapat menggunakan GeoGebra untuk menjelaskan konsep matriks sekaligus praktik secara langsung bersama siswa.

Berikut ini langkah yang digunakan untuk membuat matriks dari susunan bilangan dalam sebuah tabel menggunakan GeoGebra:
  1. Buka aplikasi GeoGebra Classic  atau dapat diakses secara online di: https://www.geogebra.org/classic
  2. Dari menu Viuw aktifkan Algebra dan Spreadsheet.
  3. Di halaman spreadsheet buat tabel, misal seperti berikut:
    Nama Buah Harga Per KG Jumlah(KG)
    Mangga 18000 250
    Jeruk 15000 300
    Apel 25000 150
  4. Seleksi/Blok tabel yang berisi bilangan, kemudian klik kanan dan pilih create matrix, secara langsung di menu algebra akan tampil matriks dengan nama m1.

Dengan menggunakan kegiatan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa matriks sebenarnya adalah susunan bilangan  yang sebelumnya disusun pada sebuah tabel namun kata-kata atau keterangan dalam tabel tidak diikut sertakan.

Selanjutnya dapat dijelaskan juga bahwa matriks yang penamaannya menggunakan huruf kapital, dalam aplikasi GeoGebra penamaan menggunakan inisial m diikuti dengan indeks-nya, misal m1 maksudnya adalah matriks kesatu, m2 matriks kedua dan seterusnya.

Kita dapat mencoba dengan menggunakan nilai lain di spreadsheet baik itu dalam bentuk tabel ataupun langsung karena tujuannya hanya sekedar membuat matriks.

Simak screenshoot layar berikut:
Matriks di GeoGebra



Selanjutnya bagaimana dengan Operasi Pada Matriks?

Silahkan dibaca:


Selamat Mencoba!!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama