Mudahnya Membuat Simulasi Grafik Fungsi Kuadrat Menggunakan GeoGebra

Grafik fungsi kuadrat f(x)=ax² + bx + c berbentuk kurva parabola dengan posisi terbuka ke atas atau ke bawah yang dipengaruhi oleh nilai dari a. Untuk mengetahui pengaruh nilai dari a, b dan  pada grafik fungsi kuadrat kita dapat menggunakan GeoGebra sebagai alat simulasi-nya. Dengan menggunakan simulasi di GeoGebra kita akan mendapatkan media yang interaktif dan dinamis serta mudah membuatnya.

Baca Juga:


Berikut ini cara membuat simulasi grafik fungsi kuadrat menggunakan GeoGebra:
    1. Buka aplikasi GeoGebra classic 6, dapat juga secara online di https://geogebra.org/classic
    2. Buat slider a, b, dan c.
    3. Buat sebuah fungsi dengan mengetikkan secara langsung di menu input f(x)=ax^2 +bx+c, maka grafik fungsi kuadrat telah terbentuk
    4. Untuk mengetahui pengaruh dari nilai a, b, dan c, ubahlah nilai slider a, b, dan c dengan cara menggerakkan masing-masing slider.
    5. Berikan keterangan seperlunya menggunakan tool text, sembunyikan viuw Algebra sehingga yang tampak hanya viuw graphics.
    6. Simpan simulasi yang dibuat agar dapat digunakan kembali.

Agar simulasi yang dibuat dapat digunakan oleh peserta didik/siswa, kita dapat menyusun lembar kegiatan secara online melalui activity dengan cara mengunggah simulasi yang dibuat di laman geogebra.org,  atau jika pembuatannya secara online maka secara otomatis sudah menjadi lembar activity.

Baca Juga:


Selanjutnya lakukan editing activity dengan menambahkan beberapa pertanyaan yang dapat menggali pemahaman terkait pengaruh dari nilai a, b dan c.

Contoh Screen Shoot dari Simulasi Grafik Fungsi Kuadrat menggunakan GeoGebra:



Atau dapat mencoba langsung berikut ini:



Selamat Mencoba!!

Baca Juga:

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama