Operasi Pada Matriks Menggunakan GeoGebra

Operasi Aljabar pada matriks meliputi penjumlahan, pengurangan, serta perkalian. Untuk menyelesaikan  operasi aljabar pada matriks kita dapat secara langsung menggunakan GeoGebra. Namun sebelum praktik menggunakan GeoGebra untuk operasi aljabar pada matriks, berikut akan diuraikan tentang bagaimana melakukan operasi pada matriks.

Penjumlahan dan Pengurangan pada Matriks

Dua matriks dapat dijumlahkan atau dikurangkan jika kedua matriks memiliki ordo yang sama. Penjumlahan atau pengurangan dua matriks itu dilakukan dengan penjumlahan atau pengurangan elemen-elemen yang seletak pada kedua matriks tersebut.

Perkalian Skalar Matriks

Perkalian bilangan real (skalar) n dengan matriks A ditulis nA adalah sebuah matriks baru yang didapat dengan mengalikan setiap elemen matriks A dengan n.

Perkalian Dua Matriks

Misalkan ada dua matriks A dan B, kedua matriks tersebut dapat dikalikan dalam A x B jika banyaknya kolom pada matrik A sama dengan banyaknya baris pada matriks B.

Hasil perkalian dua matriks A x B merupakan sebuah matrik baru yang elemen-elemennya diperoleh dari penjumlahan hasil perkalian antara elemen baris pada matriks A dengan elemen kolom pada matriks B.

Cara Menggunakan GeoGebra untuk Operasi Matriks

Untuk melakukan operasi matriks menggunakan GeoGebra lakukan langkah berikut:

    1. Buka aplikasi GeoGebra Classic 6, secara online dapat dari alamat: https://www.geogebra.org/classic 
    2. Tampilkan jendela algebra, CAS dan spreadsheet.
    3. Buat dua matriks dengan mengetikkan bilangan pada spreadsheet, dan create Matrix, misal matriksnya adalah m1 dan m2.
      Baca Juga: Menggunakan GeoGebra untuk Memahami Konsep Matriks
    4. Pada menu CAS coba lakukan operasi matriks, misal penjumlahan dengan mengetikkan: m1+m2, pengurangan dengan mengetikkan m2-m1, perkalian dengan bilangan skalar 1/2 ketikkan 1/2 m1 dan 1/2 m2, perkalian dua matriks misal m1 m2 dan m2 m1. Maka semua operasi akan dapat diselesaikan secara langsung. (Catatan: Untuk perkalian gunakan spasi)

Contoh penggunaan dapat dilihat pada screenshoot berikut:

Contoh Penggunaan GeoGebra untuk Operasi pada Matriks




Silahkan mencoba dengan matiks yang lainnya.

Selamat Mencoba!!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama