Membuat Tombol Start dan Stop untuk Animasi Sederhana di GeoGebra

Dalam membuat media pembelajaran terkadang diperlukan sebuah animasi sebagai tambahan penjelasan konsep yang dibahas. Di matematika animasi dapat digunakan sebagai  media ilustrasi materi matematika yang bersifat abstrak, sehingga hal ini sangat membantu agar konsep abstrak tersebut dapat terdeskripsi dengan jelas untuk mengurangi misskonsepsi dalam matematika.


Pada tulisan kali ini, kita akan belajar bagaimana membuat sebuah tombol Start dan Stop agar animasi yang dibuat dapat berjalan dan berhenti sesuai dengan keinginan pengguna media.

Untuk membuat tombol Start dan Stop, kita menggunakan tombol Button yang sudah tersedia di GeoGebra dengan tambahan script StartAnimation[]

Baca Juga:

Menggunakan Tombol Button di GeoGebra

Untuk mengetahui lebih jelas tentang bagaimana membuat tombol Start dan Stop di GeoGebra, mari kita praktikkan pembuatannya menggunakan contoh berikut.

    1. Buka aplikasi GeoGebra, misal secara online dapat diakses di https://www.geogebra.org/classic
    2. Buat sebuah lingkaran, misal dengan menggunakan tool Circle: Center & Radius
    3. Buat sebuah titik yang berada pada lingkaran tersebut menggunakan tool Point on Object, misal titiknya terdefinisi sebagai B. Modifikasi titik dengan merubah ukuran titiknya menjadi 9, jika perlu ubah warnanya juga. Titik ini akan dianimasikan bergerak mengelilingi lingkaran.
    4. Pilih tombol Button dan isikan Caption dengan Start serta GeoGebra Script isi dengan StartAnimation[B]. Script ini akan mengeksekusi animasi pada titik B ketika tombol Start diklik.
    5. Buat tombol Button kedua dengan mengisikan Stop pada Caption-nya serta ketikkan script StartAnimation[B,false]. Script ini akan mengeksekusi animasi pada titik B agar berhenti.

Untuk mengujinya silahkan diklik tombol start dan stop yang telah dibuat.

Baca Juga:

Kombinasi Button dan Slider Menggunakan Script SetValue


Sebagai pembanding dapat dilihat pada tangkapan layar berikut:


Atau dapat mempraktikkan langsung diberikut ini:


Kesimpulan

Untuk membuat tombol Start atau Stop digunakan tool Button dengan tambahan script StartAnimation[]. Di dalam tanda kurung siku isikan obyek yang akan dianimasikan, serta tambahkan script false untuk tombol stop-nya.

 

Selamat Mencoba!!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama