Menyelesaikan Masalah Translasi Menggunakan GeoGebra

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, translasi didefinisikan sebagai pemindahan semua titik di dalam bidang tertentu pada jarak dan arah yang sama. Dalam istilah lain translasi disebut juga dengan pergeseran. Setiap hari secara sadar atau tidak sadar kita selalu melakukan kegiatan translasi.

Dalam pelajaran Matematika, translasi dimulai dari pembahasan masalah mentranslasi sebuah titik. Sebagaimana disebutkan bahwa translasi didefinsikan sebagai pemindahan titik pada jarak dan arah tertentu, maka perpindahan tersebut memerlukan sebuah satuan perpindahan yang memiliki nilai dan arah. Biasanya translasi dituliskan dengan lambang T dengan memuat sebuah matriks translasi, seperti $T= \binom{a}{b}$.

Baca Juga:



Matriks translasi tersebut sejatinya adalah vektor, karena vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah, sehingga dalam menyelesaikan masalah translasi menggunakan GeoGebra diperlukan sebuah vektor.

Contoh

Misalnya kita akan mentranslasi sebuah titik A(2,-1) dengan $T= \binom{-3}{4}$ menggunakan GeoGebra.

Yang perlu dilakukan adalah:
    1. Buka aplikasi GeoGebra
    2. Buat sebuah titik menggunakan tool Point atau ketik langsung pada input algebra (2,-1), misal terdefinisi sebagai A.
    3. Buat sebuah vektor dengan menggunakan tool vector atau ketik langsung pada input algebra dengan format pengetikkan Vector( <Start Point>, <End Point> ), sehingga pada contoh ini diketik: Vector( O,(-3,4)), misal terdefinisi sebagai u.
    4. Untuk mentranslasi gunakan tool Translate by Vector, caranya pilih dan klik tool Translate by Vector, klik titik yang akan ditranslasi kemudian klik vektor translasinya. Atau ketik langsung pada input algebra dengan format standar Translate( <Object>, <Vector> ), sehingga pada input algebra ketikkan Translate(A,u ). Bayangan atau hasil translasi akan terbentuk dan terdefinisi sebagai A'.

Screenshot

Ilustrasi Penggunaan GeoGebra untuk Translasi Titik


Selanjutnya bagaimana jika untuk mentranslasi garis, atau bidang tertentu? Caranya sama seperti langkah diatas, dengan translasi titik diganti dengan garis atau bidang tertentu tersebut serta vektornya menyesuaikan dengan translasi yang disyaratkan.

Selamat Mencoba!!!

Contoh Applet Translasi Titik:
https://www.geogebra.org/m/pdssnqjz

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama