Cara Membuat Permukaan Benda Putar Menggunakan GeoGebra

Benda putar merupakan bangun yang dibentuk dari sebuah kurva yang diputar dari batas dan pada sumbu tertentu pada arah putaran dengan sudut tertentu pula. Benda putar dapat kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari. Semua bentuk benda yang minimal salah satu nya berbentuk lingkaran dapat dikatakan sebagai manifestasi dari benda putar secara nyata.


Pada GeoGebra versi terdahulu untuk membuat atau membentuk permukaan benda putar diperlukan beberapa langkah yang agak rumit. Namun dengan seiring pengembangan GeoGebra, untuk sekedar membuat permukaan (kulit) benda putar dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah.


Di GeoGebra 3D sudah disematkan sebuah tool khsusus untuk membuat permukaan benda putar yaitu Surface of Refolution. Tool ini menyatu pada tool Pyramid, Prism, Extrude to Pyramid, Extrude to Prism, Cone, Cylinder, Tetrahedron, Cube, Net dan Surface of Revolution.


Selanjutnya bagaimana membuat permukaan benda putar yang dimaksud menggunakan GeoGebra?
Berikut ini contoh langkah-langkah  membuat permukaan benda putar dengan menggunakan GeoGebra:
  1. Buka aplikasi GeoGebra dengan mode 3D Graphics
  2. Buat sebuah kurva sederhana, misalnya membuat sebuah ruas garis.
  3. Klik tool yang memuat Surface of Revolution, klik ruas garis yang akan dibuat permukaan benda putarnya, maka secara otomatis akan terbentuk permukaan benda putar dari ruas garis tersebut.

Perhatikan tangkapan layar berikut sebagai hasil dari pembuatan permukaan benda putar dari sebuah ruas garis.


Secara default benda putar yang dibentuk diputar sejauh 360 derajat dengan sumbu putar sumbu x. Untuk merubahnya dapat disesuaikan dengan keperluan, misal diputar sejauh 270 derajat dengan sumbu putar sumbu y, maka cukup mengganti/mengedit pada surface yang terbentuk dengan 270 dan yAxis.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama