Cara Menggambar Grafik Fungsi Trigonometri di GeoGebra

Aplikasi GeoGebra memberikan kita beragam kemudahan dalam memahami konsep matematika melalui pendekatan aljabar dan geometri yang disajikan dalam sebuah aplikasi gratis yang cukup power full.

Bagi Anda yang baru mengenal GeoGebra, mungkin bertanya-tanya bagaimana menggunakan GeoGebra yang katanya dapat mempermudah dalam belajar matematika. Untuk mengetahui kebermanfaatan GeoGebra memang diperlukan kemahiran khusus dalam menggunakan aplikasi matematika ini. Kemahiran khusus di bidang GeoGebra dapat diperoleh dengan kita sering menggunakan aplikasi ini.

Misalnya, kita akan menggambar grafik fungsi trigonometri semisal sin(x), cos(x), dan tan(x), maka untuk menggambarkannya cukup mengetikkan fungsi tersebut pada bagian input aljabar di aplikasi GeoGebra.

Dengan menginput langsung fungsinya, maka grafik fungsi trigonometri akan terbentuk secara otomatis.
Berikut langkah dasar yang dapat digunakan untuk melatih menggambar grafik fungsi trigonometri menggunakan GeoGebra:
  1. Buka aplikasi GeoGebra Cassic yang sudah diinstal atau dapat secara online di https://www.geogebra.org/classic
  2. Setelah terbuka, klik kanan pada bagian graphics dan pilih graphics, kemudian pilih xAxis dan isikan jarak/distance 30, kemudian unit dipilih derajat. Untuk yAxis biarkan secara default. Untuk pengaturan Basic isi dengan perbandingan xAxis dan yAxis 50:1, setelah itu tutup pengaturan graphics tersebut.
  3. Pada menu input algebra, ketikkan langsung fungsi trigonometri yang akan digambar grafiknya, misal ketikkan langsung sin(x°), maka grafik fungsi sinus akan terbentuk.



Dengan semakin sering berlatih menggunakan GeoGebra, maka kemahiran kita akan semakin bertambah sehingga dapat melakukan beragam modifikasi/kustomisasi terhadap grafik yang dibuat.

Simak Tutorial dalam bentuk vidio  di: https://youtu.be/dT2oQlumP3M




Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama