Mengenal Sistem Koordinat Kartesius Menggunakan GeoGebra

Di matematika kita mengenal adanya sistem koordinat kartesius, dimana dengan menggunakan sistem ini kita dapat melakukan perhitungan aljabar pada bidang geometri.  Sistem koordinat kartesius dikembangkan oleh seorang filsuf abad ke-17 asal Prancis  bernama Rene Descartes, dimana Ia mengembangkan sebuah sistem koordinat yang dikenal dengan nama Kartesius (Cartesius/Cartesian - diambil dari nama belakangnya Cartes).

Sistem koordinat kartesius menggunakan dua sumbu yang berpotongan tegak lurus vertikal dan horizontal, yang masing-masing diberi nama sumbu y (vertikal/keatas) dan sumbu x (horizontal/mendatar). Koordinat kartesius  menetapkan setiap titik pada bidang grafik dengan serangkaian koordinat numerik yang bisa ditentukan jaraknya dari kedua sumbu x dan y.




Titik pada koordinat kartesius dinyatakan dalam bentuk pasangan bilangan berutan yang dipisahkan dengan tanda koma dalam sebuah tanda kurung biasa. Pasangan bilangan berurutan tersebut mewakili koordinat sumbu x dan sumbu y, sehingga titik yang mempunyai koordinat (2,3) merupakan representasi dari sebuah titik yang letaknya  dua langkah ke kanan pada sumbu x dan tiga langkah keatas pada sumbu y.

Saat kita membuka aplikasi GeoGebra, kita akan disuguhkan dengan tampilan umum yaitu menu input aljabar dan sebuah bidang grafiks yang merupakan koordinat kartesius dengan dua sumbu: sumbu x (horisontal) dan sumbu y.

Dengan menggunakan tool point, kita dapat menggambar sebuah titik sebarang pada bidang grafik. Titik yang dibuat dapat dipindahkan (move) untuk mengetahui perubahan nilai numerik pada titik tersebut sesuai dengan posisi pada bidang grafik.

Coba gunakan aplet berikut ini.



Kesimpulannya sebuah titik dapat diwakili dengan nama titik menggunakan huruf kapital yang memuat koordinat dari sumbu x dan sumbu y. 

A=(x,y)

Selamat Mencoba!!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama