Cara Membuat Tabung di GeoGebra

Tabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tabung_(geometri)).


Dari pengertian ini, kita dapat menggaris bawahi 3 hal terkait sebuah benda dapat dikatakan sebagai tabung; (1) bangun ruang; (2) ada unsur dua lingkaran yang identik dan sejajar (3) ada sisi yang mengelilingi dua lingkaran.


Untuk menggambar atau membuat tabung menggunakan GeoGebra maka perlu disiapkan aplikasi GeoGebra 3 Dimensi., atau  menggunakan GeoGebra Classic dengan menampilkan 3 tampilan: Algebra, Graphics, dan 3D Graphics.

Berikut ini akan dituliskan cara membuat tabung di geogebra menggunakan geogebra classic 6.

    1. Buka aplikasi GeoGebra Classisc 6 yang telah diinstal di laptop/komputer atau secara online buka di https://www.geogebra.org/classic
    2. Setelah terbuka, tampilkan dengan tiga mode tampilan, dari menu Viuw tampilkan (ceklist): Algebra, Graphics, dan 3D Graphics.
    3. Buat sebuah lingkaran pada bidang Graphics, misal lingkaran dengan jari-jari 2 satuan, maka lingkaran tersebut juga akan tampil pada bidang 3 dimensi.
    4. Klik pada bidang 3 dimensi, kemudian pilih tool Extrude to Prism, lanjutkan dengan klik pada sisi lingkaran di bidang 3 dimensi, dan akan muncul kotak dialog yang mengharuskan kita mengisi tinggi dari tabung yang akan dibuat, misal isikan 4.
    5. Tabung telah terbentuk, dengan jari-jari 2 satuan dan tinggi tabung 4 satuan, seperti terlihat pada tangkapan layar dibawan ini.


Baca Juga:

Cara Menggambar Lingkaran Menggunakan GeoGebra
Cara Membuat Diagram Lingkaran Menggunakan GeoGebra
Mengenal Sistem Koordinat Kartesius Menggunakan GeoGebra


Cara Lain Membuat Tabung di GeoGebra:

    1. Buka aplikasi GeoGebra Classic, dan cukup tampilkan Bagian Algebra dan Bidang 3D, misal: https://www.geogebra.org/classic#3d
    2. Klik tool Cylinder, pilih dua titik yang akan menjadi acuan tinggi tabung, misal titik (0,0,0) dan titik (0,0,4) (pada arah sumbu z, yang menunjukkan tinggi tabung yang akan dibuat adalah 4 satuan).
    3. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang mengharuskan kita mengisi jari-jari dari tabung yang akan dibuat, misalnya isikan 2, maka tabung dengan tinggi 4 satuan dan jari-jari 2 satuan telah terbentuk seperti terlihat pada contoh tangkapan layar berikut:



Selamat mencoba!!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama