Menulis Bentuk Akar Menggunakan SurdText di GeoGebra

Secara umum di GeoGebra Classic 6, bilangan yang dibuat atau bilangan hasil perhitungan akan tersaji dalam bentuk bilangan desimal. Berbeda dengan perhitungan pada pembelajaran matematika di sekolah, penyajian perhitungannya disajikan dalam beragam bentuk, misalnya pecahan biasa, campuran, desimal, dan bentuk akar. Hal ini tergantung dari keperluan perhitungan yang dilakukan. Namun, untuk menyajikan perhitungan yang menghasilkan desimal berulang, biasanya ditampilkan dalam bentuk pecahan atau bentuk akar untuk hasil perhitungan bilangan irrasional.

Pada penggunaan GeoGebra, ada kalanya kita memerlukan penyajian hasil perhitungan dalam bentuk pecahan dan/atau bentuk akar. Untuk menampilkan hasil perhitungan dalam bentuk pecahan dan/atau bentuk akar dapat dilakukan langsung dengan menggunakan fitur CAS di GeoGebra.

Untuk sekedar menyajikan hasil perhitungan dalam bentuk akar di GeoGebra kita dapat menggunakan perintah SurdText.

Sebagai ilustrasi kita dapat melihat pada gambar segitiga ABC berikut ini:


Pada gambar terlihat bahwa sisi c bernilai 6,71 satuan. Kita ingin menyajikan nilai sisi c dalam bentuk akar. Kita gunakan perintah SurdText untuk menampilkan bentuk akar dari nilai sisi c. Cara menyajikan nilai c dalam bentuk akar cukup dengan mengetikkan perintah SurdText pada input Algebra. Karena yang akan disajikan dalam bentuk akar adalah c maka ketikkan
SurdText(c)
pada input algebra.

Maka akan muncul teks yang senilai dengan c dalam bentuk akar, kemudian teks tersebut dapat diposisikan sesuai dengan keperluan, misal seperti tampilan pada gambar berikut ini:





Selamat mencoba!!!
Untuk selanjutnya akan dibahas tentang FractionText.

Baca Juga:

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama