Mengenal Perintah FractionText di GeoGebra

Bilangan di GeoGebra Classic 6 secara umum disajikan dengan menggunakan format desimal. Hal ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, namun terkadang ada satu keinginan agar bilangan yang dihasilkan dari sebuah perhitungan menggunakan GeoGebra disajikan dalam bentuk lainnya misalnya dalam bentuk pecahan a/b. Dalam tampilan algebra dapat saja disajikan dalam bentuk pecahan a/b. Selain itu kita juga dapat menggunakan fitur CAS di GeoGebra untuk menyajikan hasil perhitungan dengan tampilan pecahan a/b. Namun, hasilnya belum dapat disajikan dalam bentuk tampilan teks a/b pada bidang graphics.


Untuk itu, kita memerlukan cara lain agar bilangan tersebut dapat disajikan dalam bentuk a/b. Kita dapat menggunakan perintah FractionText, untuk menyajikan bilangan dalam bentuk a/b.


Misalnya ada sebuah slider a, maka untuk menampilkan slider a dalam bentuk pecahan maka pada input algebra ketikkan secara langsung

FractionText(a)


Misalnya ada sebuah titik koordinat A, maka untuk menyajikan dalam bentuk bilangan pecahan ketika titik tersebut digeser langsung ketikkan saja pada input algebra:

FractionText(A) 


Kedua contoh tersebut dapat kita lihat seperti gambar berikut:


 

Selamat  Mencoba!!!


Baca Juga:

Mengenal Slider di GeoGebra
Cara Membuat Titik Menggunakan GeoGebra
Menulis Bentuk Akar Menggunakan SurdText di GeoGebra

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama