Cara Praktis GeoGebra: Membuat Grafik Persamaan Garis (Linier) untuk Pelengkap Teks/Soal Matematika

Pada tulisan ini kita akan memulai membuat seri Cara Praktis GeoGebra, dengan tujuan memberikan tutorial bagaimana menggunakan GeoGebra secara praktis untuk keperluan pembuatan grafik/diagram/gambar pada penulisan/pembuatan teks/soal matematika. Seri ini sangat menarik dan penting bagi mahasiswa, guru, dosen, penulis, percetakan, dan siapa saja yang mempunyai kepentingan dalam hal membuat grafik/gambar/diagram matematika dengan tepat dan benar.

Pada seri pertama ini, kita akan membuat grafik persamaan linier atau garis yang akan disisipkan pada pengolah kata/word. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini agar grafik yang dibuat dapat disajikan di pengolah kata dengan jelas dan benar.

Berikut langkah-langkah praktis yang perlu dilakukan dalam membuat grafik persamaan garis menggunakan GeoGebra:
    1. Buka aplikasi GeoGebra Classic yang sudah diinstal atau dapat diakses secara online di: https://www.geogebra.org/classic
    2. Ketikkan persamaan garis yang akan dibuat pada menu input, sebagai contoh adalah: 2x+3y=12, Secara otomatis akan terbentuk garis dari persamaan yang dibuat.
    3. Dari sini kita sudah dapat menyisipkan/mencopy grafik tersebut kedalam pengolah kata/word. Namun, hasilnya akan kurang maksimal ketika dicetak jika tidak dilakukan penyesuaian terlebih dahulu.
    4. Lakukan penyesuaian grafik dengan cara:
      1. Klik kanan pada garis yang dibuat  dan hilangkan labelnya dengan cara hilangkan ceklist Show Label
      2. Klik kanan pada area graphics dan pilih Graphics. Selanjutnya pada tab Basic ceklist-lah Bold pada bagian Axes dan Label Style. Pada tab xAxis dan yAxis tampilkan label x pada sumbu x dan label y pada sumbu y. Pada tab Grid, hilangkan centang Show Grid jika tidak ingin menampilkan kisi pada grafik yang dibuat.
      3. Pilih setting dengan klik icon bergerigi, kemudian pilih ukuran huruf (font syle) 28, kemudian tutup pengaturan atau settingnya.
    5. Atur tampilan grafik sesuai keperluan dengan mengatur tampilan jendela pada browser/aplikasi GeoGebra, jika sudah sesuai dengan tampilan yang diinginkan, klik tanda garis tiga disebelah kanan browser/aplikasi kemudian pilih Export Image, dan pilih Copy to Clipboard untuk langsung menempelkannya di pengolah kata dengan perintah Paste (Ctrl+V). Atau pilih download untuk mendownload gambar yang dibuat kemudian gambar yang dibuat tadi disisipkan dengan insert picture pada pengolah katanya.
    6. Sesuikan posisi dan besarnya gambar di pengolah kata sesuai dengan keperluan.

Selamat mencoba!!!

Pengaturan Jendela aplikasi/Browser untuk penangkapan Gambar yang dibuat


Pengaplikasian di Pengolah Kata

Vidio Tutorialnya:

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama