Cara Praktis GeoGebra: Meng-Copy Grafik Fungsi Kuadrat dari GeoGebra ke Word

Pada tulisan ini kita akan membahas bagaimana caranya meng-Copy Grafik Fungsi Kuadrat dari GeoGebra ke pengolah kata/word atau lainnya. Grafik fungsi kuadrat ini digunakan sebagai pelengkap teks/soal matematika yang dibuat menggunakan program pengolah kata semisal Ms. Word. Terkadang kita menemukan sebuah grafik pada soal/teks matematika yang kurang standar, sehingga informasi yang disajikan dari grafik tersebut kurang jelas dan akhirnya menyulitkan dalam pengerjaan soal tersebut.


Berikut langkah meng-copy grafik fungsi kuadrat dari GeoGebra agar grafiknya sesuai dengan standar penulisan matematika:

    1. Buka aplikasi GeoGebra Classic 6, atau secara online di: https://www.geogebra.org/classic
    2. Ketikkan persamaan kuadrat yang akan dibuat grafiknya pada input algebra, misalnya x^2-6x+5, kemudian enter maka akan terbentuk grafik fungsi kuadratnya.
    3. Grafik yang dibuat ini, sebenarnya sudah dapat di-copy-kan ke pengolah kata, namun nanti tampilannya kurang optimal ketika dilakukan penyesuaian dan pencetakan, terlebih jika dicetak menggunakan kertas buram.
    4. Lakukan penyesuaian grafik yang dibuat dengan cara sebagai berikut:
        1. Klik kanan pada bidang Graphics, pilih  tab Basic, centang Bold pada Axes dan Label Style. Tampilkan label x pada xAxes dan label y pada yAxes, serta hilangkan ceklist pada Show Gridnya.
        2. Pilih setting dengan klik icon bergerigi, dan pilih font sizenya 28, kemudian tutup setting/pengaturan global tersebut.
        3. Klik kanan grafik yang dibuat, dan pilih setting. Pada bagian basic, hilangkan tanda ceck list label atau tampilkan sesuai dengan keperluan. Pada bagian Color, pilih warna hitam, stylenya pilih line opacity rubah menjadi 100, kemudian tutup setting/pengaturan tersebut.
    5. Atur tampilan grafiknya sesuai keperluan standar grafik matematika dengan merubah tampilan jendela/viuw tampilan pada browser/aplikasi.
    6. Klik garis tiga disebelah kanan atas dan klik export image dan klik COPY TO CLIPBOARD, kemudian tempel di Ms. Word dengan cara klik tombol paste atau Ctrl+V.
    7. Sesuaikan tampilan grafik agar serasi dengan teks yang dibuat.

Selamat Mencoba!!!

Mengatur Tampilan Grafik yang akan Dicopy



Menyisipkan Grafik yang dibuat di Ms. Word

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama