Cara Praktis GeoGebra: Membuat Histogram dari Tabel Distribusi Frekuensi



Untuk membuat histogram dari tabel distribusi frekuensi yang telah ada gunakan langkah berikut:

    1. Buka aplikasi GeoGebra Classic 6 yang telah diinstal atau online di: https://www.geogebra.org/classic
    2. Sajikan GeoGebra Classic 6 dalam mode Algebra, Graphics, dan Spreadsheet
    3. Misal kita akan membuat histogram dari tabel distribusi frekuensi berikut:
    4. masukkan nilai 50, 56, 63, 70, 77, 84, 91, dan 98 pada kolom A1, A2 dan seterusnya hingga A8. Selanjutnya masukkan nilai 2, 3, 8, 6, 9, 7, 5 pada kolom B2, B3, B4 dan seterusnya hingga B8.
    5. Blok kolom A dari A1 sampai dengan A8 kemudian klik kanan dan pilih Create List, sehingga muncul list dengan nama l1. Blok kolom B dari B2 hingga B8, kemudian klik kanan dan pilih Create List sehingga muncul list kedua dengan nama l2.
    6. Pada menu input ketikkan perintah Histogram(l1,l2), kemudian enter.
    7. Klik kanan pada bidang kartesius dan pilih graphics, pada bagian Basic centang dengan ceck list pada bagian yang tertulis Bold. Pada xAxis centang Positive Direction Only, Distance centang dan isi dengan 7. Pada yAxis centang Positive Direction Only, Distance dicentang dan isi dengan nilai 2, kemudian isikan 48 pada cross at. Pada bagian Grid pilih Major Gridlines dengan Line Sytle garis putus-putus dan centang Bold. Klik setting (icon roda bergerigi) dan pilih Font Size 28.
    8. Jika telah selesai, secara umum pada bagian graphics akan tampil layar putih tanpa gambar dan bidang koordinat, maka geser lembar graphics dengan move ke arah kiri hingga ditemukan histogram yang dibuat.
    9. Sesuaikan tampilan agar lebih nyaman dilihat, misal dengan menggeser sumbu x dengan cara tekan tombol shift pada keyboard dan geser ke arah kiri sumbu x-nya hingga diperoleh tampilan histogram yang diinginkan.
    10. Selanjtnya, klik kanan pada histogram dan pilih setting. Pada bagian basic hilangkan centang pada Show Label. Pada bagian colour, pilih warna hitam. Pada bagian Style pilih Line Thikcness dan sesuaikan dengan keperluan, misal diangka 5. Jika dirasa cukup, tutup setting histogramnya.
    11. Sesuaikan tampilan sedemikian rupa hingga terlihat standar dan pilih File dan Export Image serta pilih COPY TO CLIPBOARD kemudian Paste/tempelkan ke word.
Demikian cara praktis membuat histogram dari tabel distribusi frekuensi yang sudah ada. Cara ini dikatakan cara praktis, karena hanya digunakan untuk keperluan praktis membuat histogram.
Contoh hasilnya sebagai berikut:

Selamat mencoba.


Baca Juga:

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama