Mengenal GeoGebra Classroom

Salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan dari GeoGebra adalah GeoGebra Classroom. Ini berbeda dengan classroom pada umumnya, GeoGebra classroom disajikan untuk membuat pembelajaran berbasis aplikasi GeoGebra yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika atau mata pelajaran lain yang memang berhubungan dengan geometri dan aljabar.

Ilustrasi GeoGebra Classroom


Dari sisi user/pengguna/peserta didik sangat mudah penggunaanya, karena user/pengguna/peserta didik tidak perlu mempunyai akun cukup mengetikkan nama ketika akan menggunakan classroom yang dibagikan oleh guru.


Kreativitas dari guru sangat dipentingkan dalam rangka membuat GeoGebra Classroom, oleh karenanya guru harus menguasai atau minimal sedikit terampil menggunakan aplikasi GeoGebra. Berikut beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan untuk membuat GeoGebra Classroom:

  • Sig In ke https://www.geogebra.org, disini diperlukan akun yang dapat digunakan di laman GeoGebra, jika belum mempunyai akun silahkan membuat akun. Cara membuat akun GeoGebra sangat mudah, jika sudah memiliki akun google atau facebook dapat menggunakannya untuk membuat akun GeoGebra. Ikuti saja langkah-langkah yang ditampilkan ketika akan membuat akun GeoGebra, yang sudah memiliki akun tinggal Sign In saja.
  • Pilih Profile, kemudian siapkan lembar aktifitas yang akan digunakan sebagai classroom atau gunakan lembar aktifitas yang sudah ada.
  • Pilih lembar aktifitas yang akan dibuat kelasnya, kemudian setelah muncul klik Create Class yang berada pada sisi kanan sebelah atas
  • Buat judul kelasnya kemudian klik create
  • Bagikan link classroom dengan cara klik pada bilah sisi kanan sebelah atas kemudian copy link atau tautan tersebut untuk diberikan ke peserta didik atau dilampirkan pada kelas online yang diampu sebagai bahan ajar atau LKPD.
  •  

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama