Cara Membuat Applet Penjumlahan Sederhana untuk Siswa SD

Dalam blog Belajar GeoGebra yang dikutip dari Wikipedia secara sederhana dikatakan bahwa apllet adalah aplikasi kecil yang melakukan satu tugas spesifik dan berjalan dalam lingkup mesin widget khusus atau program yang lebih besar (https://en.wikipedia.org/wiki/Applet: an applet is any small application that performs one specific task that runs within the scope of a dedicated widget engine or a larger program). (https://googebra.blogspot.com/2021/06/cara-membuat-applet-di-geogebra.html)


Sehingga jika apllet yang dibuat menggunakan GeoGebra maka applet tersebut akan berjalan menggunakan aplikasi GeoGebra. Pada tulisan kali ini kita akan mencoba membuat sebuah applet yang cukup sederhana dimana applet ini dapat digunakan untuka  jenjang dasar. Applet yang akan kita buat adalat applet penjumlahan.


Applet penjumlahan ini dirancang agar siswa dapat membuat sebuah penjumlahan dua bilangan yang hasilnya telah diketahui. Setiap siswa akan memperoleh masalah penjumlahan yang berbeda dengan siswa lainnya, bahkan masalah dapat diganti-ganti sampai tak terbatas jika diperlukan.


Untuk membuat applet ini kita akan merancangnya secara online, sehingga diperlukan akun geogebra untuk dapat login di web geogebra (https://www.geogebra.org/). Berikut langkah-langkah membuat applet penjumlahan sederhana untuk siswa SD:

  1. SigIn ke https://www.geogebra.org/ menggunakan akun geogebra yang sudah dimiliki, jika belum memiliki akun geogebra silahkan membuat akun geogebra. Untuk membuat akun geogebra sangat mudah, kita dapat menggunakan akun google atau facebook untuk membuat akun geogebra secara otomatis, atau melakukan pendaftaran secara manual menggunakan form yang sudah disiapkan di web geogebra.
  2. Setelah SigIn pilih profile dan pilih create dan klik Activity
  3. Ketik judul applet, misalnya Applet Penjumlahan Bilangan Bulat kemudian pada bagian insert element klik GeoGebra.
  4. Pada bagian Insert GeoGebra Applet, klik create applet dan pilih graphing sehingga akan tampil layar GeoGebra seperti berikut:


  5. Pada menu input kita buat bilangan random dengan mengetikkan:
    RandomBetween(2,12)
    dimana kita akan menggunakannya sebagai bilangan yang muncul dan akan dicari hasil penjumlahan bilangan tersebut. Seandainya diperluakan batas bawah dan atasnya dapat disesuaikan dengan keperluan, disini dicontohkan batas bawahnya 2 dan batas atasnya 12, sehingga bilangan yang akan dicari jumlahnya nanti akan secara acak muncul dari 2 sampai dengan 12. Bilangan random ini secara default terdefinisi sebagai a.
  6. Buat dua buah slider, secara default akan ada slider b dan slider c. Slider yang dibuat kemudian disembunyikan.
  7. Pada menu input, buat operasi penjumlahan b+c sehingga menghasilkan nilai yang terdefinisi sebagai d.
  8. Pada tampilan graphics kita buat dua buah input box yang sejajar dimana input box pertama dihubungkan dengan slider b dan input box kedua dihubungkan dengan slider a. Atur sedemikian rupa sehingga dua input box tersebut labelnya tidak tampil dan lebar serta posisi dari input box dapat sejajar dengan baik. Jika tampilan sumbu kartesius dirasa mengganggu dapat disembunyikan.
    Sisipkan juga teks diantara dua input box teks yang memuat tanda jumlah (+) kemudian disebelah kanannya teks yang memuat tanda sama dengan dan object bilangan random a. Jika dirasa tampilannya cukup baik, jangan lupa untuk melakukan pin dan lock object untuk semua yang telah dibuat, sehingga tampilannya akan terlihat seperti contoh berikut:


  9. Buat sebuah teks yang diletakkan diatas dengan perintah
    Isilah dua kotak kosong berikut dengan dua
    bilangan selain nol sehingga hasilnya benar
    Edit seperlunya misal dengan pewarnaan dan penempatan, jika sudah dirasa baik dan sesuai jangan lupa lakukan pin dan lock object
  10. Buat penguatan dengan teks yang memuat kalimat Anda Benar!!! yang diletakkan dibawah, dimana teks ini akan tampil jika jawabannya benar. Edit teks tersebut dengan pewarnaan dan besar huruf yang sesuai, kemudian lakukan setting pada Condition to Show dengan mengisikan a==d. Hal ini dilakukan agar teks tersebut tampil ketikan jawaban siswa benar, dan tidak tampil jika jawaban siswa tidak benar.
  11. Buat teks yang menunjukkan jawaban siswa belum benar dengan teks yang memuat kalimat Silahkan diisi lagi, jawaban Belum Benar.
    Teks tersebut diletakkan menumpuk pada teks sebelumnya, lakukan penyesuaian warna dan besaran hurufnya, kemudian pada setting Condition to Show isikan a<>d.
    Setelah dirasa penyesuaiannya telah selesai, lakukan pin dan lock objek
  12. Selanjutnya, kita akan membuat sebuah tombol Button yang mana berfungsi menampilkan soal lainnya. Buat tombol Button dengan caption Soal Berikutnya dan script UpdateConstruction[], lakukan setting object seperlunya.
    Jika langkah-langkah yang dilakukan telah benar maka applet yang dibuat akan terlihat seperti berikut ini


  13. Selanjutnya, tampilan aljabar kita sembunyikan dan grid pada tampilan graphics juga kita sembunyikan, lakukan pengaturan lebar dan tinggi applet  sehingga tampilannya dapat terlihat secara mobile (menggunakan smartphone), kosongkan input box dengan menghapus isian di input box secara manual dengan tombol delete atau back space, sehingga hasilnya seperti contoh berikut:



  14. Klik done, kemudian Save & Close, maka applet telah terbuat. Kita dapat membaginya ke siswa dengan cara klik applet yang telah dibuat kemudian pilih Create Class kemudian kita dapat membagi link kelas-nya. Pada contoh ini link kelasnya adalah:

Selamat mencoba, semoga berhasil dan silahkan berkomentar jika ada kesulitan dan usulan untuk pembuatan applet berikutnya.


Applet dapat diakses di: https://www.geogebra.org/m/kj4ygufj

Tutorial dapat disimak di channel Belajarlah Terus

1 Komentar

  1. Karena ada persyaratan bilangan tidak boleh menggunakan bilangan nol, dengan asumsi untuk memperoleh penjumlahan bilangan x maka selalu dilakukan dengan 0+x, maka buat teks yang muncul ketika input-nya salah satunya dengan nol. Selamat mencoba...

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama